Osteoporosis, Penyakit yang Kerap Diderita Lansia

Tentu kita sudah tidak asing dengan penyakit osteoporosis atau yang biasa dikenal dengan sebutan pengeroposan tulang biasanya dialami oleh para lansia.

Pengeroposan tulang terjadi karena massa tulang dan kepadatan mineral tulang menurun seiring berjalannya waktu.

Hal ini jika dibiarkan terus menerus maka bisa menyebabkan patah tulang. Biasanya pengeroposan tulang terjadi pada tulang pinggul, tulang belakang dan pergelangan tangan.

Faktor Penyebab Pengeroposan Tulang

Ada baiknya mengenal lebih dalam terkait penyakit pengeroposan tulang ini agar nantinya bisa menjadi lebih waspada.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi terjadinya pengeroposan tulang diantaranya, jenis kelamin, usia, riwayat keluarga, perubahan hormon dan minuman beralkohol.

Penyakit pengeroposan tulang ini biasanya lebih sering dialami oleh seorang Wanita, karena massa tulang yang lebih rendah.

Selain itu usia dan riwayat keluarga juga sangat mempengaruhi penyakit pengeroposan tulang ini. Sehingga jika ada salah satu orang tua yang memiliki Riwayat penyakit pengeroposan tulang maka bisa menurun kepada anaknya.

Seiring berjalannya usia, hormon pun mulai mengalami penurunan, misalnya hormon estrogen pada wanita dan juga hormone testosterone pada pria

Tingkat aktivitas yang rendah di waktu muda juga mempengaruhi kepadatan tulang di masa mendatang. Maka dari itu harus menjaga pola hidup agar tidak diserang penyakit pengeroposan tulang saat di usia lansia.

Tips Mencegah Pengeroposan Tulang

Tentunya untuk mencegah penyakit keropos tulang harus dicegah sejak dini. Dimana kita harus menjaga pola hidup sejak masih muda

Perhatikan asupan makanan yang dimakan dengan mempertimbangkan nilai gizi, terutama kalsium dan vitamin D.

Vitamin D merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk memperkuat tulang kita. Biasanya didapat dengan meminum kapsul vitamin atau dengan berjemur dibawah matahari.

Untuk mencegah osteoporosis, usahakan rajin berolahraga semasa masih muda untuk memperkuat tulang dan otot.

 

Itulah beberapa hal dan juga tips yang harus diperhatikan untuk mencegah osteoporosis.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *