Menperin Berharap Pameran ii-Motion Bisa Tingkatkan PMI Manufaktur RI

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menaruh harapan penyelenggaraan pameran virtual Indonesia Industrial Moslem Exhibition (ii Motion) dapat meningkatkan Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur RI. Menteri Agus menjelaskan bahwa pada Mei 2021 PMI manufaktur sebesar 55,3 atau meningkat dari April 2021 yakni 54,6. "Angka ini menjadi rekor tertinggi dalam sejarah Indonesia," kata Menperin saat pembukaan ii Motion, Kamis (3/6/2021). Menperin juga mengatakan rangkaian kegiatan ini menjadi momentum industri kecil dan menengah (IKM) produk muslim untuk tumbuh.

“Kami mendukung pengembangan klaster klaster kawasan industri halal. Ini mudah mudahan bisa menjawab betapa besarnya potensi dari produk halal baik serapan di dalam negeri maupun untuk tujuan ekspor global," tutur dia. Menteri Agus berharap pelaku IKM Indonesia dapat terus memperluas jangkauan pemasaran produk muslim. Di kesempatan yang sama, Wakil Presiden Maaruf Amin menuturkan pameran ii Motion menjadi peluang untuk mendorong Indonesia menjadi produsen dan eksportir produk halal terbesar dunia.

Menurutnya, Indonesia memiliki sumber daya yang dimiliki, serta pasar besar bagi produk muslim. “Indonesia pasar yang besar bagi produk muslim. Populasi muslim Indonesia mencapai 229 juta jiwa atau 87,2 persen dari populasi penduduk Indonesia yang berjumlah 276,3 juta jiwa," tutur Wapres. Wapres menekankan pasar produk muslim perlu diimbangi dengan peningkatan kinerja ekspor Indonesia dan potensi produknya untuk masuk ke pasar negara negara Organisasi Kerja sama Islam (OKI).

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan ii Motion 2021 yang digelar 3 5 Juni 2021 mengangkat tema Indonesian Halal Industry Today. Pameran ini terdiri dari webinar dan talkshow dengan berbagai pembahasan, demo make up dan hijab, demo barista hingga demo masak.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *